Kesuksesan Jakarta Fashion Week dalam menghadirkan referensi tren fashion dan mengangkat karya desainer Indonesia ke pentas dunia tak lepas dari peran para mitra yang memiliki komitmen besar untuk ambil bagian dalam memajukan industri ini. Tahun ini, Jakarta Fashion Week akan kembali digelar pada 24-30 Oktober 2015 dan mendapat dukungan dari berbagai mitra untuk menggelar berbagai rangkaian acara dalam pekan mode terbesar di Indonesia ini. Para mitra pendukung ini adalah Wardah, Mazda, L’Oreal Professionnel, Magnum, Dulux, 5asec, Matahari, dan Berrybenka, yang diperkenalkan dalam acara konferensi pers Jakarta Fashion Week 2016, pada 27 Agustus 2015 lalu, di Magnum Café, Jakarta.
Tahun ini, Wardah, brand kosmetik halal yang selalu berusaha mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik sesuai karakternya masing-masing, untuk pertama kalinya menjadi official make up yang akan merias ratusan model di acara Jakarta Fashion Week 2016. Menurut Salman Subakat, Direktur Marketing PT Paragon Technology and Innovation, yang merupakan produsen dari kosmetik ini, penampilan dan fashion adalah dua hal yang tak terpisahkan. “Itulah sebabnya Wardah bermaksud untuk menjadikan dunia kecantikan dan fashion sebagai sebuah sinergi selaras,” tegasnya.
Sementara itu, tahun ini adalah tahun ketujuh bagi Mazda berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week 2016. Selama ini, Mazda selalu konsisten menempatkan posisi sebagai brand yang memberikan inspirasi terhadap masyarakat melalui desain-desainnya di setiap produk Mazda. Sama halnya dengan fashion, ungkap Fedy Dwi Parileksono, Public Relation Expert Sales & Marketing Department Mazda Motor Indonesia, Mazda ingin menunjukkan peran penting sebuah desain dalam penciptaan kendaraan dan Jakarta Fashion Week adalah acara yang tepat untuk menyampaikan tujuan ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mazda akan kembali menampilkan beberapa desainer berbakat dalam Mazda Young & Vibrant Designers pada Jakarta Fashion Week 2016.
L’Oreal Professionnel juga kembali menunjukkan dukungannya terhadap dunia fashion Tanah Air dengan menjadi official backstage partner di Jakarta Fashion Week 2016 untuk keempat kalinya. Sebagai official backstage partner, L’Oreal Professionnel akan menghadirkan 60 hairdressser unggulannya untuk bekerja di balik panggung Jakarta Fashion Week dan menghadirkan sebuah hairshow inspiratif serta Hair Lounge selama ajang fashion week berlangsung. Putri Dianita, Brand PR Manager L'Oreal Professionnel Product Division, menyatakan, “Sebagai brand yang percaya bahwa tata rambut adalah faktor utama pendukung kesempurnaan penampilan keseluruhan, L’Oreal Professionnel berkomitmen untuk mendukung pengembangan profesi hairdresser mengingat pentingnya peran mereka dalam mempercantik wanita melalui tatanan rambut terbaik. Ini juga merupakan bentuk dukungan kami terhadap industri kreatif Indonesia,” ujarnya. Tahun ini L’Oreal Professionnel akan kembali menggelar Hairdresser Hunt yang dapat diikuti hairdresser di seluruh Indonesia untuk memilih 60 hairdresser yang berkesempatan bergabung menjadi official backstage hairstylist di Jakarta Fashion Week 2016.
Hal senada diungkapkan Mulyarasti Soehoed, Assistant Brand Manager Magnum Indonesia. Magnum, brand es krim premium yang memanjakan dengan kenikmatan yang mewah, untuk pertama kalinya ikut berkontribusi dalam Jakarta Fashion Week tahun ini. “Sebagai brand yang selalu mengedepankan pleasure, Magnum percaya bahwa fashion adalah salah satu bentuk pleasure yang paling dicintai para pleasure seekers. Oleh karena itu Magnum akan kembali menjadikan fashion sebagai medium untuk memanjakan pleasure seekers dengan terlibat dalam Jakarta Fashion Week 2016,” papar Mulyarasti.
Sedangkan sebagai salah satu perusahaan cat dan coating terbesar di dunia, Dulux selalu berada di depan dalam perkembangan tren terkini. “Yang kami tawarkan sebenarnya bukan sekadar cat, tapi juga warna dan inspirasi. Selain menjadi kesempatan yang baik untuk berbagi pengetahuan tentang warna dan tren, pada acara Jakarta Fashion Week 2016 ini Dulux juga berharap dapat menginspirasi kreativitas pada desainer lokal di Indonesia melalui fashion,” kata Andri Setiawan, Color, Deco, & IDA Manager PT ICI Paints Indonesia (Dulux).
Ini adalah tahun keenam bagi premium laundry & dry cleaning 5àsec berpartisipasi di ajang Jakarta Fashion Week. Bagi 5àsec yang bergerak dalam jasa perawatan pakaian, linen, dan karpet, ini adalah salah satu bukti dalam menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan fashion di Indonesia, dalam hal ini dengan memenuhi kebutuhan perawatan pakaian para desainer. Fian Asfianti, Head of Marketing Communication 5àSec Indonesia, menjelaskan bahwa pada akhirnya desainer tak hanya mendesain pakaian dan berjualan, tapi juga memberi informasi tentang perawatan baju yang mereka buat.
Matahari Department Store, salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan perlengkapan pakaian, aksesori, produk-produk kecantikan dan rumah tangga, kembali berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week 2016. Ini adalah ketiga kalinya department store terbesar dan terkemuka di Indonesia ini bergabung meramaikan fashion event terbesar di Indonesia ini. Menurut Imelda Like Wahyu, Fashion Director PT Matahari Department Store, Tbk., ini adalah bentuk dukungan Matahari terhadap dunia fashion Indonesia.
Dalam dua tahun terakhir, Berrybenka.com terus bertumbuh pesat dengan menawarkan lebih dari seribu merek lokal dan internasional. “Hal ini menunjukkan bahwa industri ritel fashion berbasis online lebih dari sekadar tren dan merupakan kontributor penting dalam memajukan industri fashion saat ini, khususnya di Indonesia. Untuk itulah Berrybenka.com mengambil bagian dalam ajang bergengsi Jakarta Fashion Week 2016 sekaligus menginisiasi kolaborasi eksklusif dalam ajang CLEO Fashion Awards 2015,” ujar Lily Suriani, Vice President Marketing dan Business Development, PT Berrybenka.