December 6, 2024
News
Wednesday, 9 Oct 2024
Selalu ada sistem tim yang berdedikasi tinggi di belakang kelangsungan sebuah acara yang sukses. Begitu pula halnya dengan Jakarta Fashion Week setiap tahunnya. Meskipun acara ini digelar untuk mengarahkan lampu sorot bagi talenta-talenta perancang busana negeri, banyak aspek dan aneka tim dari aneka latar belakang yang turut terlibat.
“What makes a fashion show?” selalu tanya mereka. Inilah jawabannya langsung dari tim kami.
Sebuah acara peragaan busana adalah tempat pertemuan atau tenar dengan istilah melting pot dari tidak hanya dunia kreatif tetapi juga aspek bisnis strategis yang menopangnya. Kreativitas tanpa bisnis adalah pengorbanan kosong, sementara bisnis tanpa kreativitas adalah ajang buang-buang waktu, atau begitulah kata Pharrell Williams, musisi merangkap creative director dari jenama luxury Louis Vuitton.
Pada perancang busana sebagai pelaku kreatif dipertemukan dengan sisi bisnis yang efisien dan profesional baik dari tim Jakarta Fashion Week maupun pertemuan dengan pihak sponsor untuk menciptakan sebuah penampilan yang tidak hanya stimulatif dari segi ide namun juga eksekusi.
Penyelenggaraan sebuah acara juga tentunya tidak lepas dari pengadaan dan desain infrastruktur yang baik. Selain mempertimbangkan sisi fungsi, sebuah set dari acara mode juga selalu dipertimbangkan sisi kreativitas dan estetikanya. Bagaimana tempat tersebut dapat menampung banyaknya rangkaian show yang berbeda dan dapat memungkinkan tiap karya bersinar dengan cahaya uniknya masing-masing. Bagian penting ini melibatkan sosok-sosok kreatif dari segmentasi desain lain yaitu arsitektur dan desain interior.
Jakarta Fashion Force at Coterie
Beranjak ke tim-tim yang bersifat eksekutif pada hari-hari berlangsungnya pekan mode antaralain para model yang silih berganti mengenakan pakaian rancangan para desainer, koreografer yang menata semua pergerakan yang terjadi di atas panggung, tim tata rias dan rambut yang melengkapi visi visual para desainer sebelum acara berlangsung, tim stylist yang mendukung para desainer membangun sebuah satu kesatuan show yang kohesif dan berkesinambungan, dan masih banyak lagi tim-tim seperti fitter, fotografer, videografer, penata suara yang turut terlibat.
Tiap tahunnya Jakarta Fashion Week selalu melibatkan tim-tim dengan personil penuh semangat dan profesional untuk mencapai visi dan misi besar Jakarta Fashion Week sebagai pekan mode terbesar di Indonesia. Tim ini selalu disusun memadukan para pelaku veteran dengan jam terbang dan pengalaman tinggi bersama dengan talenta muda yang bersemangat dalam belajar dan mencari pengalaman. Kolaborasi antar generasi inilah yang menjadi satu kesatuan tim Jakarta Fashion Week begitu unik dan menarik.
Waktu-waktu paling ramai dan menegangkan dari sebuah fashion show adalah hari-hari dan jam-jam menjelang acara dimulai. Waktu-waktu di mana semua orang bersiap dengan usaha terbaik mereka, memastikan semua detail terakhir berjalan pada tempatnya agar kegiatan dapat berlangsung sesempurna mungkin. Last checks and finishing touches, momen inilah yang menggenapkan esensi utama sebuah fashion show.
Menarik untuk menyelami lebih dalam mekanisme belakang panggung Jakarta Fashion Week terutama untuk pada pemerhati mode. Karenanya Jakarta Fashion Week 2025 akan hadir menampilkan secara dekat dan personal semua persiapan menuju pekan mode paling bergengsi tahun ini.
Dapatkan info terkini seputar pergelaran Jakarta Fashion Week 2025 di situs ini, juga bisa klik media sosial resmi Jakarta Fashion Week berikut ini: Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan Pinterest. (JFW)
Foto: Dok.JFW
Baca juga:
Era Baru untuk Fashion Indonesia: Indonesia Fashion Forward di COTERIE, New York
Elok dan Lestari, Lambai Sapa BINHouse dari Masa ke Masa
Kombinasi Fashion dan Teknologi Persembahan Infinix di Jakarta Fashion Week
Gaya Busana Glamor: Manifestasi Kemewahan dan Keanggunan yang Meningkatkan Kepercayaan Diri
Latest News