Pelaksanaan Jakarta Fashion Week 2025 memang telah berakhir, tapi kesan mendalam yang ditinggalkan masih tetap terasa sampai saat ini. Sebagai platform utama dalam mempromosikan keragaman budaya serta menciptakan peluang bisnis dan kolaborasi untuk industri fashion di Indonesia, Jakarta Fashion Week selalu menjadi tempat bertemu dan berkumpulnya para pelaku industri fashion dari berbagai sektor, tak ketinggalan para pemerhati dan pencinta fashion.
Foto: Pembukaan Jakarta Fashion Week 2025
Berlangsung pada 21-27 Oktober 2024 di Pondok Indah Mal 3, Jakarta, Jakarta Fashion Week 2025 menghadirkan 34 fashion show dari lebih 120 desainer dan jenama fashion. Dalam pelaksanaannya yang ke-17 kali ini, Jakarta Fashion Week tak hanya menjadi ajang pekan mode untuk masyarakat Jakarta, tapi diakui sebagai pionir dan berperan penting bagi industri fashion Indonesia.
Akar Budaya Indonesia sebagai Inspirasi Berinovasi
Tema Future Fusion: Tradition Meets Innovation mengundang rasa ingin tahu tentang bagaimana para desainer menggali warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai-nilai dan filosofi begitu dalam, lalu menjadikannya sebagai inspirasi untuk membuat inovasi fashion yang modern.
Foto: Paduan tenun cual Sambas dengan batik tulis Jawa di koleksi Pakerti dari Era Soekamto
Penggunaan materi berupa wastra secara kreatif pada desain kontemporer menjadi pilihan banyak desainer untuk mewujudkan tema tersebut. Namun, ada pula desainer yang menuangkan inspirasi budaya lewat rupa motif, pilihan warna, penambahan detail, dan aksesori. Tema tersebut juga menginspirasi sebagian desainer untuk memberdayakan pengrajin lokal, yang keahliannya dalam berkarya diwariskan secara turun-temurun.
Foto: Koleksi Lereng dari Cover Me Not, membawa motif dan filosofi batik parang ke dalam
activewear
Tema yang menggugah pemikiran ini menantang para desainer untuk terus mengulik kekayaan budaya dan tradisi di Indonesia agar tidak kehilangan identitas dan memiliki ciri khas yang membedakan dengan desainer dari negara lainnya saat masuk ke industri fashion global.
Mengangkat Isu-Isu Esensial
Keberlanjutan (sustainability) menjadi isu yang harum di semua industri dalam beberapa tahun terakhir, termasuk industri fashion. Tak bisa dipungkiri, beberapa praktik dalam industri fashion telah memberi dampak negatif yang besar bagi lingkungan dan sosial. Mendorong dan mempercepat praktik keberlanjutan di semua sektor di industri fashion diharapkan dapat membuat fashion menjadi ramah lingkungan dan bisnisnya dijalankan secara adil bagi para pekerjanya.
Foto: Pergelaran
Fashion Evolution Part One dan
Fashion Evolution Part Two dari Asia Pacific Rayon, menyoroti isu keberlanjutan di industri
fashion
Berbagai pihak telah menyadari pentingnya untuk menyegerakan praktik keberlanjutan ini, tak hanya para desainer dan jenama fashion tapi juga produsen bahan baku dan produsen tekstil. Kolaborasi-kolaborasi dilakukan di Jakarta Fashion Week dalam berinovasi untuk memastikan agar industri fashion Indonesia bisa ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Isu inklusi di Jakarta Fashion Week juga mendapat sorotan dan mendapat apresiasi dari banyak pihak. Ajang ini tidak eksklusif untuk desainer senior atau jenama fashion ternama, karena Jakarta Fashion Week juga memberi tempat bagi para desainer muda yang sedang merintis dan mengembangkan bisnis. Keragaman ini menjadi sumber inspirasi yang bervariasi untuk memperkaya lanskap fashion Indonesia.
Foto: Ajang MUA Search Award by Buttonscarves Beauty, pertama kali diadakan di Jakarta Fashion Week 2025
Segala aspek yang berkaitan dengan fashion dan saling mendukung juga mendapat tempat di ajang ini, seperti kecantikan, modeling, teknologi, sampai ke kreatif dan budaya. Bahkan pada Jakarta Fashion Week 2025 untuk pertama kalinya diadakan program berupa MUA Search dan Fresh Faces, yang ditujukan untuk mencari talenta-talenta baru yang akan menjadi masa depan industri kecantikan dan modeling Indonesia.
Apresiasi untuk Para Sponsor dan Partner
Pelaksanaan Jakarta Fashion Week yang ke-17 kalinya ini tak lepas dari dukungan para sponsor dan partner setia, yaitu:
Pondok Indah Mall, Pond’s Age Miracle, Buttonscraves Beauty
TRESemme, InterContinental Jakarta Pondok Indah
LUX, Asia Pacific Rayon, Cellux, Mazda, Philips Handheld Steamer, Infinix, Metro Group, BM Textile, TACO, Shop | Tokopedia, Optik Seis, Arabica, dan LaSalle College.
Government partners, yaitu Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, DKI Jakarta Raya, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, PT Pupuk Indonesia, KJRI New York, dan APINDO.
Teazzi, Lustre, Gouw, Jumpstart, Artisan Pro, Yellow Fit Kitchen, Mr. Ishii Konyaku & Shirataki, Ona, Mayapada Eye Centre, ABar by Akira Back, East Indies, SKYY Vodka, Nusantara Cold Brew, Bacardi, Aqua, Chroma, Tixfly, MOKA, Episode Gading Serpong, Acoustic Pro, GUESS Accessories, Bank Mandiri, Hello Pie, Lapislapis, Oma Elly, Petit Garcon, Paradigm Fitness, Astragraphia Fujifilm, CBN, Naysh, Fore, ISMAYA, Veska, Leka, Auntie Anne's, Sandjong Spa, Jivaraga, Urban Icon, De Hair Laser, dan The Men’s Clinic.
Official International Partners, yaitu KOCCA, Istituto Marangoni, dan Domus Academy Milano.
Official Interior Partners, yaitu Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, Biroe, GMDI, Rica Ishak, Dintera Creative, Prive, Singres Mosaic, Tujuan Bumi, Hilios Power Quantum, Fursia, Fio Carpet, Manawa, VMID, dan Varyan by Viro.
Begitu juga dengan
Media Partners yang telah menyebarluaskan pesan dan keindahan Jakarta Fashion Week kepada masyarakat luas, yaitu DEWI MAGAZINE, Beauty Journal, BUNDlifetainment, Cantika.com, Condfe, Cosmopolitan, Cretivox, CXO Media, DENS TV, ELLE Indonesia, Exquisite Media, Female Daily, Fimela, Geometry Media, Hard Rock FM, Harian Kompas, Her World Indonesia, KIS FM, kumparanWOMAN, LEET Media, Liputan6, Luxina, Media Indonesia, Muda Moody, NOW! Jakarta, Parapuan, Pinterest, Popbela, Portofolio, RAD Media, Remaja Nusantara, Scarf Media, Stylo, Sugar & Cream, Tempo.co, TFR, The Corator, Thrivin’ Magazine, USS Feed, What’s New Jakarta, WMNLyfe, Women’s Obsession, Celebrities TV, dan Okezone TV.
Dapatkan info terkini seputar pergelaran Jakarta Fashion Week 2025 di situs ini, juga bisa klik media sosial resmi Jakarta Fashion Week berikut ini: Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan Pinterest. (JFW)Foto: Dok.JFW