News

Kenyamanan Gaya Kasual Korea Selatan dari Customus dan Tripleroot

Friday, 25 Oct 2024

by JFW

Jakarta Fashion Week telah secara berkala melakukan bentuk kolaborasi aktif dengan Korea Creative Content Agency atau KOCCA sebagai lembaga ekonomi kreatif yang dibina di bawah Kementerian. Secara konsisten KOCCA dan Jakarta Fashion Week telah berkolaborasi untuk membawa baik jenama lokal Indonesia ke Korea dan sebaliknya sebagai bentuk pertukaran budaya dan kerjasama anatar negara di bidang mode.

Tahun ini, KOCCA kembali mendatangkan dua jenama asal Korea Selatan ke panggung Jakarta Fahion Week yaitu Customus dan Tripleroot. Kali ini kedua jenama yang dibawa sama-sama lebih terfokus pada model desain kasual
ready-to-wear.

 

Koleksi Menswear Kasual Berjiwa Muda dari Customus

Jenama Customus merupakan jenama menswear yang didirikan oleh desainer Won Kyung Muk sejak tahun 2017 mengangkat slogan individualitas dalam seni berbusana sehari-hari. Slogan mereka Maximize Your Individuality menjadi identitas utama yang kemudian menjadi tema koleksi SS 2025 berjudul Let’s Maximize My Strength di Jakarta Fashion Week 2025.

 
 
Foto: Koleksi dari jenama Customus
 

Koleksi yang dibawakan memiliki DNA desain yang relaks dan cerah, cocok untuk sehari-hari namun tetap menonjolkan keunikan karakter pemakai. Warna-warnanya pun sangat akrab dengan warna pakaian sehari-hari pria seperti putih, hitam, biru tua, dan hijau kalem. Meskipun dari segi desain dan warna berada pada ranah aman, koleksi ini banyak bermain dengan detail kecil seperti desain kantong yang unik, contrast stitch, setelan bergaya baju jumpsuit montir yang dibuat lebih modern dan rapi.

 
Foto: Desainer Won Kyung Muk dari jenama Customus
 

Customus memperkenalkan gaya khas casual wear yang populer di Korea pada para audiens dan pasar Indonesia, dengan ketelitian pada proporsi dan fit yang maskulin tapi terasa effortless.


Business Chic Koleksi yang Diusung oleh Jenama Tripleroot

Mewakili lini womenswear, jenama Tripleroot membawa satu set koleksi terbarunya yang memiliki DNA desain business chic. Sebuah genre desain yang bermain di garis antara formal dan kasual, cocok untuk keperluan profesional tetapi masih dibubuhi detail dan permainan desain yang menarik.

 

Foto: Koleksi dari jenama Tripleroot


Jenama yang dipimpin oleh desainer Lee Jisun ini menargetkan wanita berjiwa muda yang kaya passion serta proaktif dalam kesehariannya. Hal ini terlihat dari paduan desain formal seperti blazer rapi dan model rok pensil yang struktural dipertemukan dengan motif bunga berwarna cerah.

 
 
Foto: Desainer Lee Jisun dan koleksi dari Tripleroot
 

Sama dengan Cutomus, Tripleroot juga membawa koleksi yang bermain pada ranah warna aman untuk sehari-hari seperti putih, kelabu, khaki, dan hijau. Keunikan dari koleksi ini terletak pada modernisasi pakaian kerja seperti trench coat yang dibuat cropped seperti vest, celana midi straight leg yang dibuat lebih dinamis dengan permainan rempel, serta hadirnya dress semi-formal.