Rangkaian pelaksanaan Jakarta Fashion Week 2025 telah secara resmi dimulai dengan berlangsungnya Konferensi Pers Kick Off Jakarta Fashion Week 2025 yang berlangsung di Osteria Gia, Pondok Indah Mall 2, Jakarta, pada Rabu, 9 Oktober 2024.
Acara ini dihadiri oleh Svida Alisjahbana, CEO GCM Group sekaligus Chairman Jakarta Fashion Week 2025, dan Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week 2025. Hadir pula perwakilan dari sponsor resmi Jakarta Fashion Week 2025, yaitu Jessa Setiabudi (Marketing Director Ismaya Lifestyle), Eka Dewanto (General Manager Pondok Indah Mall), dan Kanya Trihapsari (Chief Marketing Officer Buttonscarves Beauty).
Foto: Para pembicara di Konferensi Pers Kick Off Jakarta Fashion Week 2025
Sejak tahun 2008, Jakarta Fashion Week telah menjadi platform utama dalam mempromosikan keragaman budaya serta menciptakan peluang bisnis dan kolaborasi untuk industri fashion di Indonesia. Pada tahun ini, penyelenggaraan Jakarta Fashion Week merupakan yang ke-17 kalinya, sebuah angka manis yang juga melambangkan perubahan dan langkah baru.
Langkah baru yang diambil adalah dengan memberikan tema atau spirit pada Jakarta Fashion Week 2025, yaitu Future Fusion: Tradition Meets Innovation. Lewat tema ini, industri fashion Indonesia dan para pelakunya ditantang untuk tidak hanya menggali kekayaan tradisi, tetapi juga menciptakan terobosan baru yang inovatif demi masa depan fashion Indonesia. Perpaduan antara warisan budaya yang kaya dan inovasi teknologi diharapkan akan mengangkat fashion Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.
Langkah baru lainnya yang juga menjadi fokus pada penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2025 adalah isu lingkungan yang saat ini semakin mengemuka. Menurut Svida Alisjahbana, isu-isu lingkungan ini perlu menjadi topik dalam diskusi agar muncul inovasi-inovasi baru berkaitan dengan keberlanjutan di industri fashion.
Ia mengatakan, “Tentunya kita berharap agar fashion industry dapat lepas dari praktik greenwashing; tidak hanya basa-basi tapi benar-benar ramah lingkungan. Kita tunjukkan kepedulian kepada lingkungan, pekerja fashion, dan masalah sampah dari industri fashion. Semoga pada Jakarta Fashion Week 2025, kita akan lihat terobosan-terobosan terkait hal ini.”
Foto: Svida Alisjahbana memberi penjelasan tentang
spirit Jakarta Fashion Week 2025
Kebaruan lainnya dalam Jakarta Fashion Week 2025 adalah hadirnya
Center Stage, sebuah area baru yang menjadi tempat terjadinya percakapan untuk menggali masa lalu, mendiskusikan kekinian dan impian untuk masa depan. Siapa pun yang tertarik pada dunia
fashion dapat menjadi audiens di Center Stage, baik mahasiswa, pelaku industri, media, sampai masyarakat umum penikmat
fashion.
“Ada permintaan yang semakin besar untuk ruang diskusi yang lebih dalam, tempat para pelaku industri bisa berbagi
insight dan pengalaman dari dalam dunia mode. Ini bukan hanya soal menampilkan koleksi, tapi juga menciptakan peluang kolaborasi yang lebih luas dan merayakan keragaman budaya yang kita miliki,” ungkap Andandika Surasetja.
Penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2025 didukung oleh berbagai sponsor dan mitra. Selain Pondok Indah Mall sebagai
Official Venue, POND’S Age Miracle sebagai
Official Skin Care, dan Buttonscarves Beauty sebagai
Official Beauty, Jakarta Fashion Week 2025 juga didukung oleh Intercontinental Jakarta Pondok Indah sebagai
Official Hotel, dan TRESemmé sebagai
Official Hair Care Product.
Sponsor-sponsor lain yang turut mendukung adalah Lux Body Wash, Asia Pacific Rayon, Mazda, Infinix, Philips Handheld Steamer, PT Pupuk Indonesia, Metro Group, Berkat Makmur Textile, TikTok Shop, Optik Seis, Lasalle College Jakarta, % Arabica, Taco, dan Cellux.
Selain itu, Jakarta Fashion Week 2025 juga bekerja sama dengan sejumlah mitra pemerintah, seperti Kementerian Koperasi dan UKM, KJRI New York, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, dan mitra internasional seperti KOCCA, Instituto Marangoni, dan Domus.
Pantau terus
info terkini seputar pergelaran Jakarta Fashion Week 2025 di situs ini, juga bisa klik media sosial resmi Jakarta Fashion Week berikut ini: Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan Pinterest. (JFW)
Foto: Dok. JFW
Baca juga:
Gaya Busana Glamor: Manifestasi Kemewahan dan Keanggunan yang Meningkatkan Kepercayaan DiriElok dan Lestari, Lambai Sapa BINhouse dari Masa ke MasaEra Baru untuk Fashion Indonesia: Indonesia Fashion Forward di COTERIE, New York