Fashion Force Awards (FFA) 2023 kembali mewarnai panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2024. Acara ini menghadirkan dua kategori, berupa rangkaian koleksi ready-to-wear dan aksesori yang memukau, masing-masing dari empat jenama lokal. Tak berhenti sampai di situ saja, hal ini masih ditambah dengan penganugerahan penghargaan FFA 2023 kepada desainer atau jenama terbaik yang dilakukan pada akhir acara.
Ready-to-Wear yang Memikat
Fashion Force Awards 2023 memulai perjalanan mode dengan segmen busana siap pakai yang dipersembahkan oleh empat
brand ternama, yaitu KALLA rona, saya, Blanc Studio, dan Achete? de Nous.
Ringan dan Ramah Lingkungan dari KALLA Rona
Rasa prihatin melihat industri mode menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar di dunia, KALLA rona menghadirkan produk mode menggunakan bahan-bahan yang mudah didaur ulang dan diserap alam. Dari latar belakang tersebut, hadirlah berbagai busana berbahan kain kasa—yang lebih sering digunakan untuk kepentingan medis—dan menggunakan pewarna alami.
Hasilnya, bukan hanya busana yang ramah lingkungan, tapi sangat cocok untuk digunakan di iklim tropis seperti Indonesia. Untuk FFA 2023, KALLA rona menampilkan koleksi berjudul
(Soul)nset dengan warna-warna cerah terinspirasi dari momen
sunset, seperti kuning muda, oranye,
pink, hingga biru muda.
Sesuai namanya, koleksi yang hadir dalam bentuk
dress, tank top, hingga
short ini memberikan suasana saat matahari terbenam.
Powerful Style dari Achete? de Nous
Jenama mode yang memiliki tagline #ConfidentlyDifferent ini membawa produk-produk yang pernah menjadi best selling, tapi dimodifikasi kembali untuk lebih menonjolkan tema koleksinya, Power. Memang, konsep koleksi Achete? de Nous kali ini berpusat pada semangat power-dressing. Aneka blazer yang tampil diberikan sentuhan mode tahun 1980-an yang ikonis, seperti bahu lebar, siluet oversized, dan pinggang sempit.
Salah satu busana yang dibawa kembali oleh Achete? de Nous di panggung FFA 2023 ini adalah
blazer berwarna
fuschia yang pernah populer. Namun, Achete? de Nous mengolahnya kembali menjadi bentuk
coat panjang dan potongan busana
oversized yang elegan. Achete? de Nous membuktikan bahwa gaya klasik tetap relevan dalam dunia mode yang terus berubah.
Baca Juga: Fashionlink x Blckvnue Memperlihatkan Transformasi Mode di Kala Pandemi
Layer untuk Perempuan dari Saya
saya menampilkan gaya yang sederhana, tapi begitu elegan pada koleksi berjudul
Saudade. Dari koleksi ini, saya ingin menggambarkan perjalanan seorang perempuan dalam kehidupan yang seringkali mengharuskan mereka memiliki beragam peran yang rumit.
Berbagai peran tersebut hadir dalam bentuk gaun-gaun panjang dengan sedikit sentuhan
layer, tapi memiliki garis-garis minimalis dan warna-warna membumi seperti—hitam, putih, cokelat. Sederet busana yang mengedepankan siluet busana minimalis khas saya tersebut sangatlah mudah dikenakan, atau malah menjadi padupadan busana, setiap gaya
fashion lovers. Yang pada akhirnya, koleksi tersebut akan menampilkan esensi diri sendiri dari pemakainya.
Permainan Tekstur Blanc Studio
Blanc Studio membawa kita ke dunia tekstur yang memikat melalui koleksi berjudul Senses. Koleksinya di FFA 2023 ini fokus kepada siluetnya yang tegas dan diperkuat oleh penggunaan warna, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Detail zipper dan unfinished menambah keunikan koleksi yang terdiri dari top, blazer, jaket, pants, hingga coat.
Pada koleksinya ini, Blanc Studio banyak bermain pada tekstur dan padupadan material bahan berbeda seperti kulit,
denim washed, dan
cotton. Mereka berhasil menciptakan gaya yang khas dengan perpaduan bahan-bahan yang menakjubkan.
Baca Juga: Pentingnya Memiliki Konsep dan Karakter Desain yang Kuat bagi Para Perancang Baru
Aksesori Memukau
Tidak kalah memikat, segmen aksesori juga menjadi sorotan dalam FFA 2023. Beberapa
brand yang memesona di segmen ini adalah ISSHU, ØJE Eyewear, Esemu, dan Gelap Ruang Jiwa.
Puing-Puing Perhiasan Gelap Ruang Jiwa
Gelap Ruang Jiwa tampil memukau dengan koleksi aksesori yang memadukan elemen misterius dengan keanggunan bertajuk
Runtuh. Tema koleksi ini adalah bentuk ekspresi kesedihan mendalam, Ansa Runawati Pratomo selaku sosok kreatif di balik Gelap Ruang Jiwa, ketika kehilangan kedua orang tuanya. Rasa sedih dan muram tampak pada presentasinya yang didominasi busana dan
makeup gelap serta cahaya temaram. Aksesori mereka membawa nuansa mistis yang begitu memikat.
Gelap Ruang Jiwa menggunakan material sampah yang didaur ulang dan dibentuk berupa keping atau potongan-potongan bak puing-puing bangunan. Potongan-potongan ini kemudian disusun kembali menjadi sebuah aksesori seperti gelang, kalung, anting, hingga
choker yang bagian belakangnya didesain menjuntai ke bawah sehingga tampak elegan.
Tas Kelopak Bunga Esemu
Esemu adalah jenama tas yang berdiri pada tahun 2022 oleh Brayen. Jr. Pada FFA 2023 ini, Esemu menampilkan koleksi berjudul
Sedap Malam (The Mysterious Night Bloom) setelah terinspirasi dari bunga sedap malam yang misterius, tapi dipercaya memberikan rezeki dan kemuliaan.
Dengan bahan utama kulit, koleksi Esemu kali ini menampilkan berbagai jenis
oversized bag dengan detail
cutting seperti kelopak bunga sedap malam. Warna
cream dan
beige mendominasi koleksi ini, disamping warna merah menyala pada tas tangan berbentuk tabung seperti kelopak bunga yang masih kuncup.
Baca Juga: Sambut Calon Perancang Sukses: Inilah Para Pemenang Lomba Perancang Mode 2023
Bingkai Stylish ØJE Eyewear
ØJE Eyewear menghadirkan kacamata yang tak hanya bergaya, tetapi juga inovatif. ØJE Eyewear menampilkan koleksi aneka kacamata dan
sunglasses dengan frame kombinasi bentuk oval dan kotak. Bahan dasar yang digunakan adalah
steel dan menampilkan perpaduan warna yang unik, seperti hitam dengan kuning atau ungu.
Dengan koleksi berjudul
Phantasm Reimagined ini, ØJE Eyewear ingin pengguna produknya mampu mengekspresikan ide-ide ‘gila’, tidak hanya dipikirkan, tapi juga direalisasikan.
Romantisisme ISSHU
ISSHU membawa ide romantis melalui koleksi aksesori bertema
Together Forever. Bahan
sterling silver dari Bali digunakan untuk mewujudkan aksesori-aksesori gelang, cincin, kalung berbentuk gelembung, anting,
earcuff, bros, tusuk konde modern, hingga hiasan kepala. Uniknya, beberapa aksesori dapat dialihfungsikan, misalnya, kalung menjadi
belt atau atau anting jadi bros.
Detail bentuk hati pada tas tangan dan hiasan kepala seperti menegaskan tema romantis yang diusung. Yang menarik adalah
belt untuk dress berwarna kuning keemasan dan berbentuk dua tangan yang melingkari pinggang. Hal ini bagai representasi pelukan hangat yang seakan-akan memeluk dari belakang.
Baca Juga: Dukungan Kreativitas Berkelanjutan Asia Pacific Rayon dalam Lomba Perancang Mode 2023
Inilah Pemenang Fashion Force Awards 2023
Fashion Force Awards 2023 diberikan kepada perancang muda atau jenama mode lokal yang terbilang baru berdiri dalam tiga tahun belakangan, tapi memiliki keistimewaan, baik dari segi desain maupun bisnis.
FFA 2023 pun tidak hanya menjadi wadah untuk merayakan inovasi dan kreativitas di dunia mode, tetapi juga menjadi salah satu
platform untuk mendukung para desainer berbakat Indonesia.
Delapan jenama lokal muda yang telah tampil pada show Fashion Force Awards 2023 di JFW 2024 adalah hasil kurasi ketat tim editorial DEWI. Mereka kemudian dinilai oleh panel Fashion Force dari majalah DEWI dan JFW, yang terdiri dari Andandika Surasetja (Editor-in-Chief dan Creative Director Jakarta Fashion Week), Cynthia Wirjono (Retail Expert dan Founder Brightspot Market), Chriselda Tantra (Retail Specialist Fashionlink), Olivia Lazuardi (Fashion Influencer), dan Lisa Malonda (Founder Atlas Education, Representatif Domus Academy dan Istituto Marangoni di Indonesia).
Pada akhir
show, diumumkan pemenang Fashion Force Awards 2023, yaitu:
- Pemenang FFA 2023 kategori ready-to-wear: saya
- Pemenang FFA 2023 kategori aksesori: ISSHU
Pemenang FFA 2023 kategori
ready-to-wear mendapat hadiah berupa
free course di Domus Academy, sedangkan pemenang kategori aksesori mendapat
free course di Istituto Marangoni.
Selamat kepada para pemenang!
Ikuti terus info terkini seputar pagelaran Jakarta Fashion Week 2024
di situs ini dan
JFW.TV, juga bisa klik saja media sosial resmi Jakarta Fashion Week berikut ini:
Instagram,
Facebook,
TikTok,
X, dan
Pinterest.
(JFW)Baca Juga:Selebrasi Mode Lintas Generasi melalui Jakarta Fashion Week 2024Fashion Force Awards: Merayakan Industri Ready-To-Wear LokalFashion Force Awards: Batu Loncatan Bagi SARE Studio, Studio Moral, dan Massicot
(Foto: Getty Images)