News

Jurus The Goods Dept.

Friday, 30 Sep 2011

by JFW

The Goods Dept memiliki jurus khusus dalam memasarkan produk fashion. Dalam seminar Kiat Sukses Membidik Segmen Pasar Fashion, yang digelar oleh JFW 2012, bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan dan Bank Rakyat Indonesia pada 28 September 2011 di Jakarta, Cynthia Wirjono dan Chris Kerrigan berbagi kiat dengan para peserta seminar.

“Kita dulu mulai dari temporary market selama 4 hari yaitu Brightspot Market. Brighspot sudah diglear 6 kali, dalam rentang waktu Mei 2009 ke Mei 2011. Kita mengundang desainer muda yang kita tahu dan direkomendasikan. Di Brightspot Market awal, masih banyak designer mancanegara, namun sekarang di The Goods Dept., sudah 80% desainer lokal,”papar Cynthia Wirjono.

 Untuk membangun sebuah department store yang menaungi banyak brand lokal, The Goods Dept. memiliki proses kurasi yang ketat dengan cool sebagai kata kuncinya. “Originality dengan desain dan kreativitas yang unik. There’s a message in the products. Lalu konsepnya yang harus jelas. Dan yang terakhir, potential for growth,” tambah Chris.

“Untuk proses kurasi, kami mengikuti insting kami dan orang-orang di grup kami yang memiliki minat sama. Kami harus melihat kualitas bahan, konstruksi rancangan, dan branding. Kami serius dengan apa yang mereka kerjakan. Kami juga mau mereka bisa melakukan trend forecasting sehingga tidak trend following saja,” Cynthia melanjutkan.

Melihat brand-brand ini, The Goods Dept. memang membidik pasar tertentu. “Kami coba menggali potensi designer muda dan brand lokal yang tak memiliki tempat untuk menjual. Kami berikan kesempatan mereka untuk menjual ke konsumen mall dan dari situ mereka bisa membangun industri mode yang lebih progresif. Kita mau masyarakat lebih mengapresiasi produk dan desain lokal.”

The Goods Dept. kemudian mengembangkan diri menjadi sebuah wadah untuk acara seni, musik, film, dan budaya alternatif. Tetap dengan kata kunci cool. Segala hal yang menarik, progresif, dan kreatif dipresentasikan di dalamnya. “The Goods Dept. menonjolkan segi visual merchandising yang tak biasa ditemukan di department store. Ini dilakukan agar kita terus berinovasi. Kita tidak statis, dan siap mencoba yang baru.”

Seminar yang diselenggarakan di Gedung Kementrian Perdagangan, Jakarta, tersebut merupakan rangkaian acara menuju Jakarta Fashion Week 2012 yang akan diadakan pada 12-18 November 2011 di Pacific Place, Jakarta.